KURIKULUM

Rumpun keilmuan dan keahlian atau body of knowledge yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Ekonomi S1 FKIP Universitas Langlangbuana mencakup bidang pendidikan dan pembelajaran, ilmu ekonomi dan akuntansi keuangan, dan bidang lain yang sesuai dengan pembelajaran ekonomi dan akuntansi. Bidang keilmuan yang diselenggarakan, selain menunjang untuk menjadi guru ekonomi dengan kemampuan akuntansi keuangan juga menunjang untuk melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi atau mengikuti Pendidikan Profesi Guru.

Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun 2016.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SEBARAN MATA KULIAH
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  12. Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
  13. Menjunjung tinggi dan menerapkan etika profesi guru.
  1. Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur materi, pengetahuan tentang media dan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, manajemen sekolah, administrasi sekolah, kepemimpinan sekolah, pada pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK.
  2. Menguasai konsep teoretik paedagogi, inovasi pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK.
  3. Menguasai konsep teorItik bidang keilmuan lain yang serumpun sebagai pendukung penguasaan keilmuan ekonomi dan akuntansi.
  4. Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur penyusunan laporan keuangan, pengambilan keputusan, total quality manajemen, alat analisis pada lembaga pemerintahan/swasta tingkat nasional dan daerah (lembaga ekonomi dan bisnis).
  5. Menguasai konsep teoritis merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran serta melakukan perbaikan pendekatan atau model pembelajaran, metode dan proses belajar ekonomi dan akuntansi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu pendidikan serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  6. Menguasai konsep teoritis berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran ekonomi dan akuntansi.
  7. Menguasi konsep teoritis pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK.
  8. Menguasai konsep teoritis karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya; dan pengembangan potensi peserta didik dalam belajar.
  9. Menguasi pengetahuan faktual pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran ekonomi dan akuntansi.
  10. Menguasai konsep teoritis ekonomi yang meliputi ekonomi pembangunan, ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi moneter, perpajakan, bank dan lembaga keuangan bukan bank, otoritas jasa keuangan, ekonomi syariah, dan ekonomi internasional yang sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi kekinian dalam mendukung pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  11. Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, sistem akuntansi, akuntansi koperasi, dan akuntansi sektor publik serta pemanfaatan aplikasi komputer akuntansi, yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  12. Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi dan akuntansi serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  13. Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis, dan manajemen pemasaran serta kepemimpinan yang mendukung terciptanya wirausahawan unggul.
  14. Menguasai teori dan prinsip manajeman UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) baik berbadan hukum koperasi maupun lainnya.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  11. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  12. Mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
  13. Mampu berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
  1. Mampu menerapkan konsep, prinsip, teknik dan konsep, prinsip, teknik dan prosedur materi, pengetahuan tentang media dan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, manajemen sekolah, administrasi sekolah, kepemimpinan sekolah pada pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK.
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai model, metode, dan teknik pembelajaran inovatif pada berbagai bidang ekonomi dan akuntansi bernuansa kontekstual.
  3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip bidang keilmuan lain yang serumpun sebagai pendukung keilmuan ekonomi dan akuntansi.
  4. Mampu menyusun dan menganalisa laporan keuangan pada lembaga ekonomi dan bisnis, baik di pemerintahan maupun swasta.
  5. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran serta melakukan perbaikan pendekatan atau model pembelajaran, metode dan proses belajar ekonomi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu pendidikan serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  6. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji pada pembelajaran yang mendidik.
  7. Mampu membuat disain kurikulum Ekonomi dan Akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK, yang terdiri atas penentuan (1) tujuan pembelajaran, (2) pengalaman belajar, (3) pemilihan dan penataan materi pembelajaran, dan (4) indikator dan instrumen penilaian pencapaian tujuan pembelajaran.
  8. Mampu mengaplikasikan potensi peserta didik, bekal-ajar awal peserta didik, dan kesulitan serta melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi.
  9. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran ekonomi akuntansi.
  10. Mampu menerapakan konsep teoritis ekonomi yang meliputi ekonomi pembangunan, ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi moneter, perpajakan, bank dan lembaga keuangan bukan bank, otoritas jasa keuangan, ekonomi syariah, dan ekonomi internasional yang sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi kekinian dalam mendukung pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut dan dalam kehidupan nyata.
  11. Mampu menyusun, menginterpretasi dan menganalisis laporan akuntansi keuanga akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, akuntansi koperasi, dan akuntansi sektor publik yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut; mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak, aplikasi pengolah angka (spreadsheet), aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi; dan mampu menyajikan, mengendalikan, dan mempertanggungjawabkan informasi bagi manajemen baik secara manual maupun menggunakan piranti lunak akuntansi dan pengolah angka/spreadsheet.
  12. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi dan akuntansi serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi; mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya; dan melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses dibidang pendidikan.
  13. Mampu menciptakan dan menggerakkan bisnis, baik melalui (1) real entrepreuneur, (2) entrepreuneurial mindset, maupun (3) wirausaha koperasi yang sesuai dengan perkembangan dunia bisnis;
  14. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam pengelolaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) baik berbadan hukum koperasi maupun lainnya.
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641100 PENDIDIKAN AGAMA 2
2 1641101 PENDIDIKAN PANCASILA 2
3 1641103 BAHASA INDONESIA 2
4 1641111 BAHASA INGGRIS 3
5 1641201 PENGANTAR EKONOMI 3
6 1641220 PENGANTAR MANAJEMEN 2
7 1641222 PENGANTAR AKUNTANSI KEUANGAN 4
8 1641301 LANDASAN PENDIDIKAN 3
       
       
JUMLAH SKS 21

 

NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641102 PENDIDIKAN KEWARGANEGERAAN 2
2 1641121 KRIMINALISTIK 2
3 1641203 EKONOMI MIKRO 3
4 1641204 EKONOMI PEMBANGUNAN 3
5 1641209 BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA 2
6 1641221 SISTEM AKUNTANSI 3
7 1641241 PRAKTIK AKUNTANSI KEUANGAN 3
8 1641303 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 3
       
       
JUMLAH SKS 21
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641120 HUKUM KEPOLISIAN 2
2 1641202 EKONOMI MAKRO 3
3 1641207 EKONOMI SYARIAH 2
4 1641208 PERPAJAKAN 2
5 1641223 AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 3
6 1641242 SPREADSHEET 3
7 1641251 PENGEMBANGAN PROFESI GURU EKONOMI 3
8 1641302 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 3
       
       
JUMLAH SKS 21
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641112 KEWIRAUSAHAAN 2
2 1641210 EKONOMETRI 3
3 1641224 AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 3
4 1641227 AKUNTANSI BIAYA 3
5 1641243 PRAKTIK KOMPUTER AKUNTANSI 3
6 1641401 TELAAH KURIKULUM EKONOMI 3
7 1641403 STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI 3
8      
       
       
JUMLAH SKS 20
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641206 EKONOMI MONETER 3
2 1641229 AKUNTANSI KOPERASI 2
3 1641230 AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 2
4 1641314 STATISTIKA PENELITIAN 3
5 1641402 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI DAN AKUNTANSI 2
6 1641404 EVALUASI HASIL DAN PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DAN AKUNTANSI 4
7 1641405 PERENCANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI DAN AKUNTANSI 3
8 1641406 MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI DAN AKUNTANSI 2
       
       
JUMLAH SKS 21
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641113 KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA 2
2 1641205 EKONOMI INTERNASIONAL 3
3 1641225 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN 2
4 1641226 TEORI AKUNTANSI 2
5 1641228 AKUNTANSI MANAJEMEN 3
6 1641252 PENELITIAN PENDIDIKAN EKONOMI DAN AKUNTANSI 3
7 1641311 SEMINAR PENDIDIKAN EKONOMI DAN AKUNTANSI 2
       
       
       
JUMLAH SKS 17
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641304 PEMBELAJARAN MIKRO 3
2 1641312 BIMBINGAN SKRIPSI 2
3 16415XX MATA KULIAH PILIHAN I 4
       
       
       
       
       
       
       
JUMLAH SKS 9
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641305 PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN 4
2 1641313 SKRIPSI 6
3 16415XX MATA KULIAH PILIHAN II 4
       
       
       
       
       
       
       
JUMLAH SKS 14

SEMESTER VII: 4 SKS

NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641502 MANAJEMEN KOPERASI 2
2 1641503 MANAJEMEN PEMASARAN 2
3 1641508 APLIKASI KOMPUTER 2
4 1641509 PEMROGRAMAN WEB 2
5 1641510 E-COMMERCE 2
       
       
       
       
       
JUMLAH SKS 10

SEMESTER VIII: 6 SKS

NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 1641501 USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH 2
2 1641504 HUKUM BISNIS 2
3 1641505 STUDI KELAYAKAN BISNIS 2
4 1641506 E-LEARNING 2
5 1641507 PENGANTAR BREVET PAJAK 2
       
       
       
       
       
JUMLAH SKS 10